Selasa, 20 Oktober 2015

Ikkyo Undo

Ikkyo undo atau Shomenuchi Ikkyo Undo adalah gerakan dasar aikido. Latihan ini digunakan agar supaya kita reflek saat melakukan gerakan ikkyo yaitu gerakan kuncian nomor 1. Ikkyo undo dapat juga digunakan untuk menangkis serangan lawan berupa shomenuchi ataupun jodan tsuki. Tangkisan ikkyo undo dilakukan dari luar badan lawan. Dalam olahraga beladiri lain seperti Shorinji Kempo atau Karate, tangkisan ikkyo undo mirip dengan Uwa Uke.

Gerakan ikkyo undo dimulai dari hanmi (kuda-kuda atau stance dalam aikido), misal migi hanmi (kaki kanan di depan). Badan dan kedua tangan (mengepal) ditarik kebelakang (titik berat dibelakang) dan kemudian condongkan badan kedepan (titik berat kedepan) sambil mengangkat tangan ketasa. Telapak terbuka saat masih horisontal dan putar sehingga telapak tangan menghadap kedepan saat keatas (vertikal).

Saat menurunkan tangan, tarik kelingking ke bawah setelah itu baru tarik tangan kebelakang (dipinggang). Demikian seterusnya (hingga hitungan 8) dan mulai lagi dengan hidari hanmi (kaki kiri di depan).

 

1 komentar: