Sabtu, 24 Oktober 2015

Yokomenuchi Shihonage

Yokomenuchi Shihonage adalah teknik shihonage yang digunakan untuk menghadapi serangan yokomenuchi, yaitu serangan lawan yang menggunakan tangan depan untuk membacok (mengayun dari belakang atas) ke pelipis kita.
Teknik ini dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu secara omote dan ura. Untuk melakukan gerakan omote, kita gunakan teknik tangkisan dengan menggunakan ayunan irimi-nage.

1. Yokomenuchi Shihonage omote:



2. Yokomenuchi Shihonage ura:


4 komentar:

  1. Kalau lihat gerakannya ini cukup efektif untuk melumpuhkan lawan, namun masih cukup bingung untuk gerakan omote dan ura. Jadi ini harus diulang2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Sigit,

      Perbedaan omote dan ura terletak pada posisi kita (nage) terhadap lawan (uke) saat melakukan teknik. Pada omote posisi kita di depan lawan, oleh karena itu kita harus masuk (irimi) kedepan lawan.

      Sedangkan untuk ura, posisi kita saat melakukan teknik ada di samping lawan, oleh karena itu kita harus melakukan irimi-tenkan (bila posisi berdiri kita terhadap lawan adalah ai hanmi) atau tenkan (bila posisi berdiri kita gyaku hanmi).

      Hapus
  2. Animasinya sangat bagus dan sangat membantu untuk belajar, dilihat dari gerakanya teknik ini membanting lawan sangat efektif sehingga lawan akan jera bahkan berakibat fatal bila tidak hati2. pergerakan mempulintir dan membanting lawan sangat lah efektif bila dilakukan dengan cara yang benar

    BalasHapus
  3. Benar mas wempi, penguasaan teknik haruslah utuh (solid) dan presisi untuk menghasilkan teknik yang benar dan efektif.

    BalasHapus